12 Feb 2011

Kain Perca yang Cantik

Aplikasi sebenarnya dari bahasa perancis, appliquer yag artinya 'mengenakan'. Aplikasi adalah seni menjahit potongan - potongan kecil dari kain. Pengertian teknik aplikasi secara umum ialah cara menghias kain dengan melekatkan atau menempelkan kain perca di atas bahan dasar, yang memakai beraneka gambar dan dengan menggunakan macam -macam tusukan hias sehingga membentuk pola tertentu.
Seni aplikasi merupakan sebuah seni keterampilan yang acap kali dipandang sebelah mata saja. Karena pembuatan aplikasi pada dasarnya menggunakan potongan – potongan kain dalam ukuran relatif kecil, sisa kain potongan dari penjahit pakaian dan kain tersebut biasanya terbuang begitu saja tanpa bias dimanfaatkan. Padahal, desain – desain pada seni aplikasi sebenarnya sangat beragam dan tidaklah mudah.. Namun, jika suatu desain aplikasi telah tercipta, pasti Anda akan maraca takjub karena suatu karya seni acapkali menghadirkan desain yang unik, artistic, dan mengejutkan.
Berdasarkan teori di atas, maka terpecahlah anggapan masyarakat tentang pandangan bahwa kain perca hanyalah sekadar kain sisa. Padahal, meskipun sekedar kain sisa, kain perca tersebut dapat dimanfaatkan untuk mempercantik busana atau benda – benda lain, sehingga produk tersebut lebih bernilai dan pastinya tampilannya semakin cantik.
Ketika membuat aplikasi, kita diharapkan mampu memberikan sentuhan finishing berupa jahitan dengan beberapa tusuk.

1 komentar: